Warga Banjar Koripan Harap Komang Gede Sanjaya Ringankan Beban Pengempon Pura Beji

  • Whatsapp

LENSABali.com, Tabanan – Akibat curah hujan yang terus mengguyur Kota Tabanan belakangan ini mengakibatkan banyak terjadinya musibah bencana alam di beberapa titik di Tabanan. Kali ini bencana alam banjir kembali terjadi di Tabanan hal ini terlihat saat Calon Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya turun langsung kelokasi yang terletak di Banjar Koripan, Desa Abian Tuwung, Kediri, Ttabanan, Rabu (14/10).

“Setelah kemarin bencana banjir di kawasan padat penduduk di Desa Sanggulan, Kediri Tabanan yang mengakibatkan hampir 100 KK terdampak. Kali ini bencana alam serupa menimpa bangunan Pura Beji Banjar Adat Koripan, Kediri, Tabanan,” ujar I Komang Gede Sanjaya.

Menurut informasi salah satu warga, Putu Suastika bahwa bencana banjir kali ini mengakibatkan bangunan beji Banjar Adat Koripan Kediri mengalami kerusakan yang cukup parah. “Bangunan pura beji ini baru kami renovasi 2 tahun yang lalu dan banjir kali ini membuat kerusakan yang parah terutama dibagian tembok penyengker dan bangunan pelinggih yang lain,” jelasnya.

Putu Astika menambahkan, kerugian yang diakibatkan dari bencana ini kira – kira mencapai Rp 60 jutaan, dan Astika berharap dengan adanya kunjungan dari Calon Bupati Tabanan bisa memberikan angin segar bagi masyatakat pengempon Pura Beji Banjar Adat Koripan.

“Kerugian yang diakibatkan dari bencana alam kali ini hampir mendekati kerugian senilai Rp 60 juta dan besar harapan kami dengan adanya kunjungan I Komang Gede Sanjaya bisa meringankan beban masyarakat kami pada nantinya,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu Sanjaya mengatakan bencana yang menimpa Tabanan belakangan ini merupakan dampak dari siklus tahunan yang menyebabkan hampir dari seluruh Kecamatan di Tabanan mengalami bencana alam. “Bencana alam kali ini merupakan siklus tahunan atau sering disebut Lanina yang mengakibatkan banyak terjadinya bencana alam,” jelasnya.

Terkait pembangunan kembali Pura Beji Banjar Adat Koripan Kediri. Sanjaya menambahkan pihaknya akan bergotong royong untuk membangun kembali pura beji yang terkena dampak dari bencana alam ini.

“Astungkara dengan gotong royong kita akan bangun kembali pura beji ini, karena hal tersebut merupakan salah satu dari program kami di paket Jaya Wira tentang pelestarian adat agama dan budaya yang merupakan domain kita untuk membantu masyarakat Tabanan,” jelasnya sembari tak henti – hentinya Sanjaya menitip diri pada perhelatan Pemilukada 9 Desember mendatang agar masyarakat jangan sampai Golput dan menggunakan hak pilih dengan baik untuk memilih pemimpin Tabanan yang merakyat.LB/Redaksi

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *