BaliNasional

Jack Lawyer : Kenali Hukum Jauhi Hukuman

Jack Lawyer bersama Kapolres Salatiga 2017, AKBP Happy Perdana, SIK
Tegas, begitu kesan pertama saat bertemu dengan Y Joko Tirtono, SH, seorang advokat nyentrik yang juga penghobi otomotif asal Kota Salatiga, Jawa Tengah. Namun dibalik sosok tegasnya, pria yang lahir di pesisir Pulau Nusakambangan, Cilacap, 56 tahun lalu ini memiliki pribadi yang ramah dan humoris.
Ayah dari empat anak yang ini sering dipanggil dengan nama Jack Lawyer ini memiliki ketertarikan pada ilmu hukum semenjak muda hingga kemudian menyelesaikan program sarjana ilmu hukum  di Universitas Slamet Riyadi Surakarta solo Jawa tengah pada 1990.
Bersama Aris Merdeka Sirait dari Komnas Perlindungan Anak saat acara seminar di beberapa tempat di Jawa Tengah
Sebelumnya ia banyak belajar dari lapangan dan menimba pengalaman di beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Lembaga Pers.  Jack juga pernah mengalami jatuh bangun dalam menjalankan profesinya sebagai insan pers dan pimpinan di beberapa LSM.
“Tentu saat menimba pengalaman itu tidaklah mudah, ada proses jatuh bangun,  sebagai pimpinan LSM dan insan pers, banyak sekali tantangan, fitnah dan gangguan yang saya terima. Tapi semua itu saya lalui dengan niat bahwa saya ingin membantu membela hak-hak masyarakat,” terangnya.
Dalam kegiatan  Kebangsaan di Halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah bersama Pemuda Pancasila
Masa muda Jack banyak dihabiskan untuk bekerja dan menimba ilmu. Hal ini lantaran dirinya pernah menjadi krew di sebuah kapal pesiar Passenger Ship of CARNIVALE CRUISE LINE di Florida. Selain itu dirinya juga pernah menjadi pegawai di beberapa hotel di Jakarta. Dari kegiatan inilah, ia memiliki perhatian terhadap dunia pariwisata.
Saat bersama keluarga tercinta
Semangatnya menjadi seorang advokat muncul saat negeri ini dilanda karut marut pasca reformasi 1998. Ia berkeinginan untuk menyumbangkan pikiran dan tenaganya di bidang hukum sehingga mengambil jalan untuk melanjutkan pendidikan sebagai seorang advokat.
” Dari situlah saya kemudian bergerak di bidang pelayanan dan pendampingan hukum. Saya memiliki semangat untuk melayani masyarakat yang sedang terkena perkara hukum untuk memperjuangkan hak-hak mereka,” jelasnya pria yang juga Penasihat Hukum di Kantor Hukum Big Law Firm ini.
Saat ini, Jack sedang berjuang mendampingi masyarakat Bali yang menjadi korban penipuan koperasi ilegal. Jumlahnya mencapai 100an orang dan total kerugian disinyalir mencapai puluhan miliar.
Saat mendampingi warga Bali di Mapolda Bali dalam kasus koperasi ilegal
” Saya sedang berjuang bersama warga Bali yang sedang terkena bencana keuangan. Mereka tertipu oleh oknum yang berlindung di bawah bendera koperasi ilegal. Sebagian besar dari mereka adalah masyarakat biasa yang bekerja keras dalam memenuhi kebutuhan mereka, namun oleh koperasi ilegal ini mereka ditipu dan dirampas uang dan asetnya,” terang Jack.
Jack saat ini tercatat sebagai aktivis di beberapa LSM dan beberapa ormas, dua diantaranya yakni Pemuda Pancasila (PP) Salatiga  dan Lembaga Cegah Kejahatan Indonesia (LCKI) propinsi Jawa Tengah. Selain itu, bersama para koleganya di Bali ia kini mendirikan media LENSABALI.COM sebagai aktualisasi diri dalam dunia pers.
Jack juga tak pernah berhenti untuk memberikan wawasan hukum kepada setiap orang yang mengadu kepadanya. Ia selalu memberikan motivasi dan nasihat. Tak lupa ia menyisipkan kalimat “KENALI HUKUM, JAUHI HUKUMAN” sebagai nasehat bagi para klien dan koleganya.

Leave a Reply