BaliDenpasar-informasidesa wisataTravelVideos

Mengunjungi Tanah Lot, Melihat Kearifan Lokal Masyarakat Bali

 

Pulau Bali memang selalu menarik perhatian baik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Pulau yang dikenal dengan kearifan lokalnya ini banyak memiliki tempat wisata yang sangat beragam. Mulai dari wisata alam, wisata spiritual, wisata hiburan hingga wisata kuliner.


Pulau Bali sebagai sebuah Pulau wisata menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan mancanegara. Keagungan budayanya terus terjaga meski diterpa arus modernisasi yang selalu berubah dan berkembang setiap waktu.


Salah satu tempat wisata yang menggambarkan kearifan budaya masyarakat Bali adalah Pura Tanah Lot. Pura yang terletak di bibir pantai ini tak hanya menawarkan pemandangan pantai yang eksotis, namun juga menghadirkan visualisasi tentang bagaimana masyarakat Bali begitu menghormati leluhur mereka.

Ditemani dengan nuansa matahari terbenam (sunset), kita akan dapat melihat bagaimana masyarakat Bali beribadah dengan melakukan upacara adat di pura-pura yang ada di Tanah Lot.


Salah satu yang menarik di Tanah Lot adalah Pulau Karang, di mana Pura Luhur Tanah Lot berada di atasnya. SelainSelain Pura Luhur Tanah Lot, di Pulau Karang tertsebut juga terdapat Pura Batu Bolong. Adapun Pura Luhur Tanah Lot digunakan oleh masyarakat Bali untuk memuja Tuhan yakni Dewa Laut untuk meminta berkat dan keselamatan. Sementara Pura Batu Bolong biasa digunakan masyarakat untuk melakukan upacara Melasti maupun upacara lainnya.


Jika ingin melihat keindahan pura dan pantai, ada baiknya untuk berkunjung pada sore hari saat cuaca cerah. Kita akan disuguhi panorama Pura dengan latar belakang pemandangan matahari tenggelam dari bentangan Pantai Tanah Lot.


Ada beberapa aturan yang harus diperhatikan terutama saat ada upacara adat di Tanah Lot. Yang utama adalah menggunakan pakaian yang sopan serta tidak berlaku lalang di sekitar pura saat ada upacara sembahyang.

Selain keindahan pulau karang, di Tanah Lot juga terdapat beberapa gua kecil. Salah satunya adalah Gua Ular Suci yang menyimpan sejumlah ular yang diyakini sebagai penjaga pura. Ular yang ada di sini adalah jenis ular laut dengan kulit belang hitam putih, berekor putih, dan berbisa.

Meskipun tergolong jenis ular berbahaya, kita diizinkan untuk memegang ular-ular tersebut. Kita juga dapat berfoto bersama sejumlah ular suci, tentusaja dengan tetap ditemani pawang. Kita akan dikenakan biaya dengan membayar secara sukarela pada sebuah kotak yang telah disiapkan.

Leave a Reply