BadungBoladesa wisata

Melasti, Penyucian Diri Menjelang Nyepi

Melasti merupakan sebuah acara yang dilakukan oleh masyarakat Hindu bali dalam rangka menyambut hari raya Nyepi. Upacara Melasti sendiri digelar untuk membersihkan diri dengan menghanyutkan kotoran alam dengan menggunakan air kehidupan.

Upacara Melasti dilaksanakan di pinggir pantai dengan harapan menyucikan diri dari setiap perbuatan buruk di masa lalu. Dalam kepercayaan masyarakat Hindu, sumber-sumber air seperti danau dan laut adalah air kehidupan atau Tirta Amerta.

Selain untuk pembersihan diri dan persembahyangan, upacara Melasti juga dilakukan untuk membersihkan benda-benda sakral dan suci milik Pura (termasuk pralingga atau pratima Ida Bhatara serta perlengkapannya). Sebelum disucikan, benda-benda tersebut diarak serta diusung mengelilingi desa.

Untuk menyambut Hari Raya Nyepi, pelaksanaan upacara Melasti ini di bagi berdasarkan wilayah, di Ibukota provinsi dilakukan Upacara Tawur. Di tingkat kabupaten dilakukan upacara Panca Kelud. Di tingkat kecamatan dilakukan upacara Panca Sanak. Di tingkat desa dilakukan upacara Panca Sata. Dan di tingkat banjar dilakukan upacara Ekasata.Sedangkan di masing-masing rumah tangga, upacara dilakukan di natar merajan (sanggah). Upacara ini dilaksanakan agar umat Hindu diberi kekuatan dalam melaksanakan Hari Raya Nyepi.

Leave a Reply