BaliNasionalTravel

Pangsa Pasar Wisata Bali Untuk Eropa Timur Kian Meningkat, SDM Masih Minim

DENPASAR—Pangsa pasar pariwisata Bali untuk wisatawan Eropa Timur kian menggeliat. Hal ini ditandai dengan semakin meningkatnya jumlah wisatawan asal Eropa Timur yang datang ke Pulau Bali setiap Tahun.

Seperti dilansir dari laman industry.co.id, Dinas Pariwisata Provinsi Bali mencatat turis dari Rusia berkunjung ke Bali tahun 2016 mencapai sekitar 67 ribu atau naik 29 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Sedangkan hingga Maret 2017, sebanyak 32.800 wisatawan dari Rusia ke Bali atau naik 87 persen jika dibandingkan periode sama tahun 2016. Pelaku pariwisata Bali yang biasa melayani wisatawan asal Eropa Timur, I Ketut Sukiyasa membenarkan hal tersebut. Bahkan menurutnya dalam beberapa tahun kedepan, tingkat kedatangan wisatawan Eropa Timur terus bertambah.

“Saya sendiri merasakan, bahwa kehadiran wisatawan dari Eropa Timur di Bali memiliki potensi untuk terus bertambah setiap tahunnya. Namun demikian saat ini kita masih perlu banyak sumber daya manusia (SDM) yang mampu menjadi pemandu wisata turis dari Eropa Timur,” terangnya.
Seperti yang diungkapkan Pak Suki, sapaan akrab Ketut Sukiyasa, meningkatnya wisatawan Eropa Timur Ke Pulau Bali belum diimbangi dengan kemampuan pemandu wisata baik secara kualitas maupun kuantitas. “ Saya berupaya untuk istilahnya mengajak rekan-rekan mulai melirik pasar ini. Tentu saja langkah awal adalah membekali diri dengan belajar bahasa mereka,” pungkasnya.

Leave a Reply